“JELAJAH FLORES”, Menikmati Senja di Timur Indonesia

Menikmati Senja di Timur Indonesia

Hubungi Via WA: 085239356006

 

“JELAJAH FLORES”

Indonesia Merupakan Negara Kepulauan yang terdiri dari lautan dan Pulau-pulau. Jarak dari satu pulau ke pulau yang lain merupakan pesona yang sangat menarik untuk dinikmati oleh setiap orang dalam melakukan perjalanan baik melalui perjalanan darat, laut ataupun udara. Apa saja pesona yang ada di Negara kepulauan ini? Tentunya pengalaman yang slalu meninspirasi setiap jejak di bumi tanah air ini adalah melakukan eksplorasi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Apakah anda tahu mengenai pulau flores ? Mari kita membahas terkait Pulau Flores : Flores berasal dari bahasa Portugis yaitu “ cabo de Flores” yang artinya Tanjung Bunga nama ini diberikan oleh S.M Cabot. Kalau kita melihat bentuk pulau ini dalam peta sekilas memang seperti bunga atau ular. Pulau ini berada di wilayah administrasi Provinsi NTT Indonesia. Nama Pulau Flores ini kemudian dipakai oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Hendrik Brouwer pada Tahun 1636. Berdasarkan studi yg dilakukan oleh Orinbao Tahun 1969 nama asli pulau flores adalah Nusa Nipa yang artinya Pulau Ular. Pulau Flores ini dihuni oleh masing-masing Etnis dengan filosofis, kultur dan ritual masyarakat yang berbeda yang menempati nilai tertentu dengan pranata sosial budaya dan ideologinya yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Suku Flores dianggap sebagai campuran etnis Melayu, Melenisia dan Portugis. Flores terdiri dari 8 Kabupaten yaitu:

  1. Kabupaten Manggarai Barat ibukotanya Labuan Bajo dibentuk pada Tahun 2003. Daerah ini iklimnya panas ada pantai yang indah tempat pariwisatanya yang menjadi destinasi utama para pelancong baik yang berasal dari luar negeri ataupun dalam negeri ada pulau padar yang eksotis dan kadal Raksasa yang sudah mendunia.
  2. Kabupaten Manggarai ibukotanya Ruteng topografinya yang terdiri dari gugusan gunung dan lembah sehingga iklimnya dingin kota ini dibentuk pada pada Tahun 1960 dijuluki kota seribu biara dan seribu Gereja.sebagian besar penduduk kota ini mata pencahariaanya bertani atau bercocok tanam. Ini dikarenakan tanahnya yang subur penghasil kopi, cengkeh,vanili dan masih banyak tanaman perdagangan lainnya suhu tertinggi daerah ruteng 25 derajat Celsius  dan yang terendah adalah 10 derajat Celsius ruteng merupakan salah satu kota terdingin di Indonesia. Obyek wisata yang menarik ada desa adat wae rebo, gunung, air terjun dan danau serta pantai yang letaknya arah selatan  dan utara.
  3. Kabupaten Manggarai Timur Ibukotanya Borong. Daerah ini merupakan Kabupaten baru yang dmekarkan dari wilayah administrasi kabupaten manggarai dibentuk pada Tahun 2007, suhunya yang panas membuat daerah ini memiliki garis pantai yang indah destinasi yang seperti gunung, danau dan air terjun .
  4. Kabupaten Ngada Ibukotanya Bajawa. Iklim yang hampir sama dengan kabupaten Manggarai, udara yang dingin membuat daerah ini sangat subur sehingga penduduknya juga bercocok tanam dengan penghasil kopi, vanili dan tanaman jangka panjang untuk perdagangan .Ngada dibentuk pada Tahun 1958 sehingga menjadikan sala satu kota tertua. Budayanya sangat kental dengan pesta adat Reba, desa adat bena dan pemandangannya yang indah serta masih banyak lagi destinasi wisata lainnya.
  5. Kabupaten Nagekeo Ibukotanya Mbai iklimnya yang panas serta dataran lembah yang indah membuat daerah ini seperti padang yang luas dengan berbagai ternak yg jadi peliharaan dari penduduk lokal nagekeo tidak beda jauh dengan kabupaten lainnya yang berada di Flores dibentuk pada Tahun 2007 menjadikan salah satu kabupaten baru yang dibentuk.
  6. Kabupaten Ende ibukotanya Ende. Salah satu destinasi yang menggelenda adalah adanya situs Bung Karno dimana asal muasal Lahirnya Ilham merumuskan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Disamping itu ada cerita Magic dari Danau Kelimutu yang konon katanya air dari ketiga danau ini dapat beubah-ubah.
  7. Kabupaten Sika Ibukotanya Maumere. Kabupaten ini dibentuk pada Tahun 1958 iklimnya panas dengan wisata rohaninya dan Sekolah Tinggi Seminari Ledelero. Ada Pantai Koka yang sangat cantik dan wisata lainnya yang tidak kalah menarik.
  8. Kabupaten Flores Timur Ibukotanya Larantuka berdiri pada Tahun 1958 julukan kota Renyha sebagai Beranda Vatikan  yang ingin berwisata ke kota ini dapat mengikuti Semana Santa yang setiap Tahun dilakukan di kota ini.

Bagi siapa saja yang ingin mengenal Pulau Flores mungkin tulisan ini dapat menjadi referensi anda yang akan berkunjung ke pulau Flores. (Dikutip dari berbagai Sumber).

By : Edg

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *